Ragam Jenis Batik Madura

dsc03153

Di Madura sendiri, membatik ialah budaya yang diwariskan tutun-temurun. Dengan corak dan ragamnya sangat bebas dan unik. Sehelai kain batik dibuat dengan ketrampilan individu. Bahkan saat ini mereka masih mempertahankan cara tradisional pembuatan dengan ditulis menggunakan bahan pewarna alami ramah lingkungan. Kita dapat menemukan keindahan corak dan motif batik dengan warna yang tegas dan berani. Keindahan batik Madura dapat kita temukan di berbagai pelosok Pulau Madura seperti Pamekasan, Bangkalan, Sumenep, Sampang dan tentunya di Tanjungbumi (Bangkalan)

Berikut ciri khas batik madura berdasarkan asal daerahnya yaitu :

    1. PamekasanBatik Pamekasan lebih berani dengan menggunakan warna-warna yang tajam dan cerah. Seperti Motif Sekarjagat, Keong Mas, Matahari, Daun Memba (daun mojo) dan Gorek Basi.Pada batik Pamekasan biasanya juga diisi dengan ‘serat kayu’ atau istilahnya mo’ramo’ (akar-akaran) pada bagian yang kosong. Beberapa motif batik Pamekasan sudah didaftarkan seperti: Keraben Sapeh, Sakereh, Kempeng Saladerih, Padih-kepa, dan Manik-manik
 
  • Sumenep Batik dengan corak satu warna saja meskipun tetap bernuansa warna cerah.
  • BangkalanLokasinya di Tanjungbumi, batik dibuat menggunakan teknik khusus biasanya dikenal dengan batik gentongan. Batik bangkalan coraknya beragam dan bewarna cerah karena termasuk dalam ketegori pesisiran.Motif batik bangakalan lebih dari seribu jenis. Nama motif terkait dengan bahasa daerah setempat. Nama-nama motif tersebut diantaranya ramo, banjar ramo, rongterong, perkaper, rawan, serat kayu, panca warna, dan sebagainya

    Batik bangkalan yang dikerjakan selama 1 minggu dijual dengan harga Rp 50.000 – 75.000. Untuk batik tulis sutera bangkalan dikerjakan selama 1 sampai 2 bulan dijual seharga Rp 500.000 – 1.000.000 tetapi, yang paling mahal dan paling terkenal dari batik bangkalan adalah batik gentongan. Harga selembar kain batik gentongan yang halus bisa mencapai hingga 3,5 juta rupiah. Harga tersebut tergantung dari tingkat kesulitan desain dan lamanya proses pembuatan.

  • SampangBatik dari sampang dikenal dengan nama Batik Kotah, memiliki motif khas Madura berupa flora dan fauna (misalnya : Motif kembang dan burung) dengan warna paling dominan yaitu merah dan hijau di atas bahan sutera dan katun yang tidak kalah dengan batik daerah lain.
 

Bagikan ke teman :
Order




  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲