Perbedaan Batik Jogja dengan Batik Solo

Selain makanan dan tari tarian, Indonesia juga memiliki banyak sekali jenis pakaian adat dari masing masing daerah. Setiap pakaian daerah tentu saja memiliki perbedaan, baik dari segi bahan pembuatan, corak maupun bentuk.

Salah satu pakaian adat yang masih terus dipertahankan dan bahkan gencar dilestarikan adalah batik. Batik sendiri ada banyak jenisnya, dilihat dari sudut kedaerahan, batik terdiri dari baik jogja, batik Solo, batik pekalongan dan yang lainnya.

Dalam kesempatan kali ini, kami hanya akan mengkhususkan diri untuk membahas apa saja perbedaan antara batik Jogja dengan baik Solo. Kedua daerah ini memang memiliki adat istiadat yang kuat dan masih dipegang hingga saat ini.

Untuk batik jogja, biasanya memiliki corak warna hitam dengan warna dasar putih, batik jogja pun tak bisa sembarangan dibuat, Keraton Jogja memiliki aturan khusus yang mengatur segala hal tentang batik mereka, termasuk diantaranya adalah desain corak dan bahan pembuatan.

Batik sendiri memiliki banyak nama, misalnya saja batik Surakarta ada yang namanya corak Senthe dan yang lainnya. Dalam alur desain parang untuk batik solo, jalannya alur parang adalah dari kiri atas ke kanan bawah, sedangkan untuk batik Jogjakarta alur parangnya dari kanan atas ke kiri bawah.

Untuk Anda yang sedang mencari batik, pilihlah batik dengan kualitas terbaik. Ciri batik yang bagus adalah tidak adanya perbedaan antara bagian depan dengan bagian belakang batik. Walaupun ada perbedaan, namun tidak terlalu kentara.

Untuk batik dari daerah Jogjakarta, biasanya akan menggunakan motif geometris. Motif pada batik ini banyak juga ditemui pada obyek obyek kuno yang ada di Jogjakarta.

Motif khas batik antara daerah yang satu dengan daerah lainnya jelas memiliki banyak perbedaan. Tapi, apapun corak batiknya, batik merupakan kekayaan budaya Indonesia yang harus selalu dilestarikan.


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲