Metamorfosis Batik Ke model batik modern

Pada awalnya kain batik yang terdapat di Indonesia dibuat hanya untuk keperluan upacara-upacara resmi kerajaan atau busana bagi kalangan terbatas di keraton.

Selain khusus, model-modelnyapun sangat tradisional dan kaku. Terlihat dari motifnya yang khas dan eksklusif. Setiap keluarga dari keratin memiliki motif khusus yang mereka banggakan. Sekarang batik yg konvensional telah mengalami metamorfosis menjadi model batik modern.

Memang sampat saat ini eksklusivitas dan kekhasan batik masihlah sangat terasa. Hal tersebut memang haruslan dipertahankan. Namun, saat ini model-model baju batik yang berasal dari kain batik tradisional telah berkembang. Modelnya pun telah bervariasi. Saat ini, baju batik tidak hanya digunakan untuk upacara-upacara resmi adat.

Tetapi juga bisa digunakan sebagai busana sehari-hari. bahan batik sudah digunakan untuk berbagai macam busana, mulai dari daster batik untuk pakaian di rumah, hingga baju kerja (kantor) sudah memakai bahan batik. Hasilnya, kain-kain batik tersebut sudah mengalami berbagai macam perubahan.

Padahal dulunya batik-batik tersebut hanya bermotif konvensional. Perubahan yang terjadi tersebut adalah hasil karya dari kreativitas para pebatik di Indonesia. Hasil kreativitas tersebut mucul dengan berbagai motif, misalnya motif batik lurik, batik bola dan motif-motif lainnya. Kain-kain batik yang sudah berkembang motif dan warnanya tersebut kemudian seperti mengalami perubahan wujud menjadi aneka bentuk atau model batik modern yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Untuk saat ini, telah terdapat ratusan model baju batik yang telah diciptakan oleh para desainer baju, khususnya desainer baju batik. Malahan mungkin model-model tersebut telah mencapai ribuan. Tidak hanya itu, kain batik juga menjelma menjadi macam-macam kerajinan tangan yang sangat memukau dan eksotik, seperti tas, dompet, sandal, dan lain sebagainya. Busana-busana batik model terbaru tersebut kini telah diburu oleh kaum remaja hingga kaum dewasa.

Tak hanya busana, mereka juga mulai memburu berbagai macam kerajinan yang terbuat dari batik tersebut. Kondisi seperti ini adalah kondisi yang sangat bagus bagi para desainer dan pengusaha batik. Dengan adanya ketertarikan dari masyarakat, mereka bisa terus berkreasi dan menciptakan berbagai macam model desain yang fresh dan keren pastinya.


Bagikan ke teman :
Order


Tags:


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲