Mengenal Batik Tulis

Batik tulis adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang teknis pembuatan motifnya lansung ditulis dengan cara manual.

Alat yang digunakan dalam menulisnya adalah canting yang terbuat dari tembaga dengan gagang dari bambu dan ujung dari canting disebut cucuk, mempunyai lubang yang bervariasi, sehingga dapat menentukan besar kecilnya motif sedangkan bak penampung canting disebut dengan nyamplung. Nyamplung ini dapat diisi dengan cairan malam atau pewarna, tergantung teknik batik yang akan digunakan.

Batik tulis malam adalah batik tulis dengan menorehkan cairan malam dengan menggunakan canting tulis, proses pembuatan batik tulis mala mini mirip seperti batik cap, hanya bedanya di motifnya. Jika batik cap biasanya motifnya cenderung berulang, maka batik tulis malas motifnya bisa unik serta kreatif sama halnya dengan menggambar bebas.

Cairan malam tetap terjaga dengan kondisi suhunya sekitar 70 derajat Celsius .canting tulis ini mengambil cairan malam melalui nyamplung, kemudaian cucuk canting harus berlubang, sehingga perlu ditiup agar membrane cairannya terbuka. Setelah itu cairan malam baru dioleskan sesuai dengan motif yang sebelumnya telah digambar di kain mori dengan menggunakan pensil. Lankah selanjutnya adalah proses pewarnaan seperti pada batik cap.

Batik tulis Colet atau batik tulis warna adalah teknin batik tulis dengan menorehkan warna melalui canting tulis langsung pada kain mori, sehingga isi dari nyamplung cantik yaitu warna yang dikehendaki.

Pembuatan batik tulis wanra ini mirip seperti menggambar di atas kanvas, sehingga hasilnya sangat ditentukan oleh kreatifitas dan keuletan goresan tangan dari sang pembatik. Semakin kecil dan detil barisan titik-titik yang bisa dihasilkan atau dibual oleh sang pembatik, maka akan semakin tinggi tingkat kesulitan dan nilai dari batik tersebut.

Berikut ini adalah cara atau proses pembuatan batik tulis:

  • Pertama siapkan kain mori secara terbentang
  • Gambar sketsa motif batik yang akan dibuat menggunakan pesil
  • Torehkan cairan malam atau warna dengan menggunakan canting tulis
  • Jika yang ditorehkan itu adalah cairan malam dan jika sudah selesai untuk satu bahan pakaian, maka proses selanjutnya adalah pewarnaan, loror malam, bilas soda, jemur,lalu setrika.
  • Jika yang ditorehkan itu adalah zat pewarna dan jika sudah selsai untuk satu bahan pakaian, maka proses selanjutnya adalah klerak yang bertujuan agar memperkuat dan membat warna menjadi berkilau.


Bagikan ke teman :
Order


Tags:


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲