Lurik, Batik Tenun Indonesia

Keaneka ragaman budaya Indonesia sangatlah kental dengan bermacam-macam pakaian dari berbagai daerah, dan batik merubatik lurik tenunpakan salah satu ciri khas pakaian Orang Indonesia. Hampir di seluruh penjuru di Indonesia mempunya kain batik sendiri-sendiri baik batik tulis maupun tenun.

Nah, kali ini ada salah satu dari jenis kain batik yang sangat unik yang terkenal di Jawa namanya Batik Lurik. Di dalam Ensiklopedi Nasional Indonesia (1997) tertulis bahwa lurik diperkirakan dari daerah pedesaan di Jawa namun selanjutnya berkembang, bukan hanya menjadi milik rakyat tetapi juga digunakan di lingkungan keraton.

Pada awal mulanya lurik di buat dalam bentuk sehelai selendang yang mempunyai fungsi sebagai kemben (penutup dada bagi wanita) dan sebagai alat untuk menggendong sesuatu dengan cara mengikatkan oada tubuh (selendang)

Dari beberapa situs peninggalan sejarah diketahui bahwa pada jaman Kerajaan Majapahit lurik sudah di kenal sebagai karya tenun waktu itu. Ternyata sudah lama juga bahwa lurik menjadi bagian dari kehidupan masyarakat lampau

Pada awalnya, motif lurik masih sangat sederhana. Dibuat dalam warna yang terbatas hanya hitam dan putih. Pada jaman dahulu proses pembuatan lurik dimulai dengan menyiapkan bahan yaitu benang. Benangnya berasal dari tumbuhan  perdu dengan warna dominan hitam putih. Kemudian benang diberi warna dengan menggunakan pewarna tradisional yang bernama Tarum dari kulit batang mahoni. Hasil rendaman daun pohon Tom menghasilkan warna nila, biru tua, dan hitam sedangkan kulit batang mahoni menghasilkan warna coklat

Sebelum di tenun, benang dicuci berkali-kali lalu dipukul-pukul hingga lunak, setelah itu dijemur dibaluri nasi dengan menggunakan kuas yang terbuat dari sabut kelapa. Setelah bahan atau benang ini kaku, kemudian diberi warna. Setelah itu dijemur kembali dan benang siap untuk ditenun.

Pada dahulu, alat yang digunakan untuk menenun dikenal dua macam alat, yaitu alat tenun bendho dan alat tenun gendong.

alat tenun 1-horz

        Adapun alat tenun bendho terbuat dari bambu atau batang kayu, biasanya digunakan untuk membuat stagen. Stagen ialah ikat pinggang dari tenunan benang yang sangat panjang dan digunakan untuk pengikat kain (jarik) oleh para wanita Jawa.

Alat tenun ini digunakan dengan posisi berdiri. Namanya alat tenun bendho sebab alat yang digunakan untuk merapatkan benang pakan berbentuk bendho (golok), sedangkan alat tenun gendong digunakan untuk membuat bahan pakaian, selendang lebar, maupun jarik (kain panjang). Disebut demikian karena salah satu bagiannya diletakkan di belakang pinggang, sehingga tampak seperti digendong. Dalam proses pembuatan kainnya, penenun dalam posisi duduk memangku alat tenun tersebut.

Dulu, kain lurik dipakai hampir oleh semua orang, sebagai busana sehari-hari. Untuk wanita dibuat kebaya, atau tapih/nyamping/jarik (kain untuk bawahan). Untuk pria, sebagai bahan baju pria, di Solo disebut dengan beskap, sedangkan di Yogyakarta dinamakan dengan surjan. Selain itu, lurik juga dibuat selendang (jarik gendong) yang biasanya dipakai oleh bakul (pedagang) di pasar untuk menggendong tenggok (wadah yang terbuat dari anyaman bambu), terutama di daerah Solo dan Klaten Jawa Tengah. Selain dibuat untuk bahan pakaian ataupun selendang, yang lebih penting lagi bahwa kain lurik ini dahulu digunakan dalam upacara yang berkaitan dengan kepercayaan, misalnya labuhan ataupun upacara adat lain seperti ruwatan, siraman, mitoni, dan sebagainya.


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , , , , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲