Larangan Impor Kain Motif Batik

stop impor

Ada berita baru ni kayaner’s di dunia batik

Bahwa pemerintah melarang impor kain yang memiliki motif seperti batik masuk ke Indonesia. Ini salah satu upaya pemerintah dalam menjaga produk batik nasional

mendag-salahkan-harga-minyak-dunia-62F

"Produk kain batik merupakan ikon negeri ini, dan kebijakan pemrintah melarang tekstul yang punya desain seperti batik, jangan masuk Indonesia untuk jaga produk batik," kata Rachmat Gobel

Kebijakan ini demi melindungi batik dalam negeri yang sudah menjadi ikon Indonesia yang diproduksi oleh masyarakat secara khas Hal ini untuk mengamankan pasar batik di dalam negeri.

Menurut Mendag, larangan impor kain bermotif batik ini untuk mengamankan pasar batik produk Indonesia di dalam negeri. Ia menyebutkan, potensi pasar dalam negeri harus diselamatkan dan diamankan bersama, karena output-nya untuk kesejahteraan.

“Kita akan tegas dalam mengamankan pasar dalam negeri,” kata Mendag pihak Mendag telah membekukan atau membatalkan sekitar 3.000-an izin impor karena tidak melakukan kewajiban dan prosedur yang benar.

“Mengapa itu dilakukan, karena pasar dalam negeri harus dijaga, dan komitmen untuk mendorong sektor potensial di dalam negeri seperti pertanian dan memanfaatkan produk kita sendiri,” ujar Mendag.

Langkah kongkret yang dilakukan dalam mengamankan pasar antara lain penguatan pasar sendiri, stabilitas pasokan pasar, logistik dan perdagangan daerah.

Batik-Impor050410

Selain itu fihaknya juga mengusung pemerataan produk untuk memenuhi Standarisasi Nasional Indonesia (SNI). Hal itu sebagai bentuk kendali kualitas produk termasuk desain.

"Tapi banyak poduk itu tak masuk pasar, konsumen indonesia banyak dirugikan oleh produk sendiri akibat tidak punya SNI dan labelisasi oleh industri, itu harus dibenahi," katanya.

Seorang pembeli sedang melihat batik di pasar grosir Tanah Abang, Jakarta (5/4).

Dalam menjaga pasar dalam negeri, menurut Menteri Perdagangan juga perlu meningkatkan apresiasi budaya sendiri. Menurut dia, para pengusaha termasuk para pengusaa muda untuk mengambil kesempatan dan peluang dari kekayaan budaya Indonesia.

"Satu jawabannya harus bisa, membangun industri baik besar maupun kecil dilandasi nasionalisme," kata Menteri Perdagangan menambahkan.

Nah sudah sepatutnya kan kayaner’s kalau penghentian impor kain bermotif batik ini dihentikan ,sebab ini dapat mengurangi jumlah peminat Batik Indonesia.. Bolehlah harga kain motif batik lebih murah, tapi sama saja kita tak menghargai warisan dari leluhur kita

Lebih baik kita memakai batik bangsa yg dibuat oleh tangan kreatif rakyat Indonesia. Harga relative mahal memang karna dibuatnya dengan tangan bukan mesin, kalau ingin yang lebih murah bisa kok memilih batik cap yang harganya ringan di kantong.

Yuk kita sama-sama mencintai produk milik negri sendiri J dan bangga akan keanekaragaman batik Indonesia

Sumber info :  setkab.go.id


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲