Kain Batik vs Tekstil Bermotif Batik

kain batik vs batik printing

Bila kita lihat dari fungsi dan kegunaan, kain batik ataupun tekstil bermotif batik tidak ada bedanya, begitu juga dilihat dari sisi ekonomi keduanya harga batik yang asli relatif lebih mahal bagi sebagian masyarakat yang tingkat ekonominya rendah tidak akan terjangkau untuk membeli kain batik. Dengan banyak beredar kain tekstil bermoti batik yang harganya jauh lebih murah membuat masyarakat menengah ke bawah akhirnya bisa mengenakan busana bermotif batik

Untuk mengetahui perbedaan antara batik dan tekstil bermotif batik tersebut ada tips yang bisa membantu cara memilih kain batik sbb:

Kain Batik

  1. Umumnya bahan dasar yang digunakan terbuat dari serat alami atau serat yang dihasilkan dari binatang. Jenis kain batik yang digunakan secara umum diantaranya kain katun, kain rayon, kain rami dan kain sutera. Proses batik tidak bisa menggunakan jenis kain yang terbuat dari bahan Polyester
  2. Gambar pada kain batik biasanya sebagian akan tembus hingga pada bagian belakang kain. Terlebih lagi untuk jenis kain batik tulis halus, maka pengerjaan pelilinan akan dilakukan pada kedua muka kain. Khusus pada kain batik yang teknik produksinya dengan menggunakan teknik sablon lilin gambarnya hampir tidak tembus sama sekali, berbeda dengan menggunakan lilin panas yang tmbus sampai bagian belakang kain
  3. bau kain batik akan tercium aroma lilin.
  4.  detail motif pada kain batik relatif lebih sederhana jika dibandingkan dengan tekstil bermotif batik. Untuk detail gambar dengan ukuran yang kecil-kecil dengan warna lebih gelap akan susah didapatkan pada kain batik itu dikarenakan keterbatasan pada proses pengerjaan pelilinan.
  5. harga kain batik lebih mahal dan jumlahnya terbatas
  6. ragam hias atau ornamen pada sehelai kain batik terkadang tidak memiliki kesamaan yang tepat dengan motif satu dengan yang lain, sekalipun proses kain batik tersebut dibuat dengan teknik cap. Bentuk dan motif kain batik yang satu dengan yang lain kemungkinan besar pasti ada perbedaan
  7. kain batik jarang kita temuo dalam kemasan gulungan. Pada umumnya kain batik dikemas dalam bentuk lipatan a

Tekstil Bermotif Batik (Sablon / Print)

  1. umumnya bahan dasar yang digunakan terbuat dari serat polyester walaupun ada juga yang terbuat dari kain katun, kain kain rayon, kain rami dan kain sutra seperti halnya pada kain batik.
  2. Motif pada kain tekstil bermotif batik tidak akan tembuas hingga pada bagian belakang
  3. kain sablon tidak tercium bau lilin dan hampir tidak ada aroma apapun
  4. Detail Motif  pada kain sablon relatif lebih halus dan lebih lengkap dibandingkan dengan kain batik. kain tekstil bermotif batik (sablon) detail gambarnya lebih bisa mencapai ukuran yang kecil-kecil dengan warna-warna yang lebih gelap bisa didapatkan, berbeda dengan kain batik. Hal ini dikarenakan kemampuan proses sablon semakin bagus dan teknologinya semakin maju.
  5. Harga kain sablon relatif lebih murah, serta jumlah produksinya biasanya lebih banyak. sehingga bila diproduksinya sedikit maka dengan sendirinya harga kain akan sama mahalnya dengan kain batik.
  6. Bentuk ragam hias atau ornamen pada lembaran kain sablon sudah pasti akan banyak kesamaannya dan tepat antara motif yang satu dengan yang lainnya.
  7. Kain sablon bisa di temui dalam bentuk gulungan. Biasanya dalam satu gulung bisa mencapai panjangnya lebih dari 100 meter.

Pada akhirnya, baik yang mengunakan busana kain batik maupun yang menggunakan busana sablon atau tekstil bermotif batik yang pasti kita semua cinta batik Indonesia.  


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , , , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲