Filosofi yang ada dalam motif batik

Batik merupakan sebuah mahakarya seni Indonesia yang luar biasa yang menjadi kebanggaan kita semua. Sebagai warisan leluhur batik harus terus dilestarikan. Di balik keindahan motifnya terdapat filosofinya loe. Batik tak hanya motif dan warna saja, tetapi juga terdapat arti pada tiap motifnya. Beberapa motif yang kita tahu seperti parang, sido luhur lahir dari sebuah filosofi yang diabadikan dalam sebuah motif batik. Tiap pembuatan batik harus dilakukan dengan hati-hati,teliti dan seksama karena menyimpan sejuta makna. Berikut ada beberapa filosofi dari macam-macam motif batik di Indonesia.

Motif Sido LuhurSido Luhur

Motif ini biasa dikenakan oleh pengantin saat resepsi atau upacara pernikahan. Motif dasarnya seperti wajik, motif sido luhur memang mempunyai kemewahan tersendiri. Tak hanya cantik, tetapi makna dari motifnya sangat mendalam yaitu diharapkan mereka akan berbudi luhur dan menjadi pasangan yang bermartabat  

Motif Sido MulyoSido MulyoSolo

Motif dasar batik ini hampir sama dengan sido luhur, tapi detail dan warnanya lebih muda. Filosofi motif sido mulyo ialah harapan agar keluarga yang dibina akan terus menerus mendapatkan kemuliaan meski mendapatkan kesulitan.  

Motif Sekar Jagad<> Batik Sekar Jagad lebih kompleks dan berwarna-warni. Batik ini cocok dipakai wanita yang menyukai sekar-jagad-solo fashion clourfull. Dalam baju yang dikenakan. Motif dasar iala berupaaneka bunga dan tanaman yang tumbuh di seluruh dunia, tersususn di dalam bentuk elips. Sama seperti warna yang ceria, motif Sekar Jagad memiliki filosofi kebahagiaan dan kegembiraan. Sangat cocok dipakai saat acara tasyakuran atau akan wisuda.

Motif Parang Sederhana, seperti itulah gambaran dari batik parang. Motifnya simple karna tak banyak ornamen dan membumi. batik-tulis-motif-barong Batik parang didominasi warna coklat dan krem. Dibalik kesederhanaa. Dalam pemakaiannya ada aturanya. Motifnya sederhana dengan warna yang tajam melambangkan ketajaman berfikir dan kepemimpinan Motif parang termasuk ragam hias larangan, artinya hanya raja dan kerabatnya diijinkan memakai. Besar kecilnya motif parang juga menyimbolkan status sosial pemakainya di dalam lingkungan kerajaan. Ukuran motif parang pun diatur karena motif ini termasuk salah satu motif yang dibuat secara kh


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , , , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲