Buah Lerak, Bahan Pencuci Ramah Lingkungan

Dalam merawat kain ataupun baju batik, kita tidak bisa sembarangan dalam menggunakan bahan pencuci agar kualitas batik yang dimiliki tidak buah lerakpudar.

Kali ini kita akan membahas tentang buah yang dapat dijadikan sebagai bahan pencuci alami dan ramah lingkungan. Buah itu adalah Lerak.

Seperti dikutip dari laman wikipedia.com, lerak berasal dari biji tumbuhan ciu yang bernama Latin Sapindus rarak De Candole atau Sapindus mukorossi.

Memiliki bentuk bulat mirip dengan kelereng, memiliki biji yang terbungkus oleh lapisan kulit yang cukup keras. Saat dimasak warnanya akan menjadi kehitaman dengan permukaan licin dan mengkilat.

Lerak memiliki biji yang mengandung saponin, suatu alkaloid beracun yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci. Kandungan yang dimiliki oleh biji lerak juga berpotensi sebagai insektisida.

Buah lerak relatif mudah didapat dan biasa dijual di pasar tradisional. sari lerakUntuk lebih mempermudah dalam penggunaanya saat ini telah banyak penjual lerak cair dengan kemasan yang lebih praktis sehingga bisa langsung dipakai.

Menurut Marketing Communication Supervisor Danar Hadi Inou Marcsta Hernawan, penggunaan lerak dapat melindungi warna batik dengan menjaga lilin yang terserap ke dalam serat kain saat proses pembatikan, berbeda dengan detergen yang malah akan merusak serat kain.

Proses pencucian juga tak boleh diremas dan direndam lebih dari satu jam. Peremasan akan merusak struktur kain, sedangkan perendaman akan memudarkan warna batik.

“Kalau batik menggunakan pewarna tekstil, tentu saja warnanya akan cepat luntur. Batik yang menggunakan pewarna alami tidak akan luntur asalkan dicuci dengan cara yang tepat,“ tukasnya. (Dinny Mutiah)


Bagikan ke teman :
Order




  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲