Beberapa Tips Dalam Merawat Busana Batik

Batik sudah mulai dikenal sejak abad XVII. Saat itu, motif batik masih berupa binatang ataupun tumbuhan. Namun, seiring dengan berkemabangnya zaman, corak lukis dari batik sudah merambah ke motif abstrak berupa awan, relief candi, wayang, dan lainnya.

Corak Batik di Indoensia sangatlah banyak dan beragam Semua coraknya sesuai filosofi dan budaya masing-masing daerah di Indonesia yang sangat kaya sehingga terciptalah beragam corak dan jenis batik sesuai ciri khas masing-masing.

Biasanya, batik di Indonesia dibuat dengan cara tradisional. Oleh karena itu, dalam menggunakannya pun kita harus ekstra hati-hati. Layaknya barang antik, merawatnya pun harus istimewa.

Jangan sampai batik yang kamu beli dengan harga mahal terlihat kusam atau motif dan warnanya sudah pudar padahal belum lama dibelinya. Kurangnya pengetahun akan perawatan batik dapat membuat ha-hal di atas terjadi. Nah, bagaimana caranya agar batik tetap keren? Berikut ini adalah tips-tipsny dalam menyetrika, menyimpan dan memakainya.

Tips Dalam Merawat Busan Batik Saat Menyetrika

  • Hindari menyetrika busana batik secara langsung. Jika busana batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika.
  • Apabila kamu ingin memberi pewangi atau pelembut kain pada batik tulis, jangan semprotkan langsung pada kainnya. Sebaiknya, tutupi dulu batik tulis dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi di atas koran.

Tips Dalam Merawat Busana Batik Saat Memakai

  • Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke busana batik, terutama batik sutera dengan pewarna alami.

Tips Dalam Merawat Busana Batik Saat Menyimpan

  • Agar tidak dimakan oleh ngengat, simpan busana batik kesayangan kamu dalam plastik. Saat disimpan dalam lemari jangan diberi kapur barus, karena zat padat ini sangat keras dan bisa merusak batik.
  • Cara agar batik tak dimakan ngengat, beri sedikit merica yang dibungkus tisu di lemari tempat menyimpan batik. Atau, letakkan akar wangi yang sudah dua kali melalu proses pencelupan dalam air panas dan dijemur hingga kering.

Nah, dengan menerapkan beberapa tips perawatan busana batik di atas, busana batik kamu dijamin akan tetap awet. Berbelanja busana batik tidak selalu harus mahal, busana yg murahpun banyak yang berkualitas bagus, modelnya juga sangat menarik. Yang penting, agar perawatan menjadi maksimal, terapkan tips-tips perawatan busana batik di atas.


Bagikan ke teman :
Order


Tags: ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲