Batik Wonogiren Milik Kota Wonogiri

Kota Wonogiri juga memiliki pesona pada kain batiknya. Jika dilihat dengan teliti terdapat corak serat kayu yang selalu ada di batik Wonogori. Memiliki ciri khas “remukan” dan asli berasal dari kabupaten wonogiri, Jawa Tengah. Oleh Pemerintah daerah memopulerkannya dengan nama batik wonogiren

Selain ciri khas remukan ada tiga hal yang menjadi cirri khas batik wonogiren yaitu corak bledak, dasaran jene berwarna kuning kecoklatan dan sekaran (lukisan bunga). Saat ini para pengerajin batik wonogiren menyesuaikan selera pasar dengan menyisipkan motif-motif modern seperti binatang tapi tetap disertai remukan. Terdapat juga batik yang dihiasi motif jambu mete yang merupakan komoditi unggulan Kota Wonogiri

Batik2-kabarwonogiri-com

Remukan yang dibuat dimodifikasi lagi dengan teknik yang unik. Malam yang digunakan untuk membuat pola batik dikeringkan kemudiakan dipecahkan sehingga warna akan meresap pada retakan malam yang telah terbentuk Remukan yang terdapat pada seluruh bagian kain menambah kesan artistic dan tradisional.

Jika ingin melihat proses pembuatan Batik Wonogiren bisa berkunjung ke Kecamatan Tirtomoyo bisa menemui Ibu Sri Lestari yang sudah menjadi pewaris membatik dari keluarganya yang setia melestarikan kain tradisional Indonesia. Rumahnya dijadikan sentra batik.

Saat ini di Wonogiri sudah ada 3 keluarga yang melestarikan Batik Wonogiren namun yang paling besar adalah yang dikelola oleh Sri Lestari.

batik-wonogiren

Perajin yang ia gaji tinggal di sekitar Tirtomoyo tetapi ada juga yang berasal dari kecamatan lain di Kabupaten Wonogiri. Mereka tidak mengerjakan proses batik secara keseluruhan di sentra batik. Pembatikan dengan malam biasa dilakukan di rumah masing-masing kemudian diserahkan ke sentra saat malam Kliwon untuk dilanjutkan dengan proses pewarnaan.

Batik yang diproduksi sebagian besar merupakan batik tulis dengan harga dimulai dari Rp300 ribu. Ada juga yang dikombinasikan dengan batik cap, harganya sekira Rp150 ribu. Pemasaran Batik Wonogiri sudah menjamah wilayah Jakarta, Solo, Bali dan Yogkarta. Sentra batik milik Sri Lestari sendiri juga pernah hadir di pameran Inacraft.


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲