Batik Sawat Pengantin

sawat-penganten1

Nama dari batik sawat pengantin memiliki makna, kata sawat memiliki arti sayap. Motif batik ini merupakan salah satu motif batik khas Trusmi. Batik ini paling sering dipakai oleh pasangan pengantin dalam acara prosesi pernikahan, karena filosofinya yakni dipercaya dapat melindungi kehidupan pemakainya. Motif batik sawahan pengantin dulu sering dipakai oleh keluarga keratin Cirebon. Karena hal ini batik ini sering disebut batik kelas atas

Batik ini memiliki dua motif utama serta dua motif selingan.

Motif Utama

Motif Selingan

  • Motif batik pohon hayat dikelilingi motif lidah dan motif meru
  • Pohon hikayat dikelilingi motif lidah, motif lar (garuda), dan motif meru.
  • Garis motif meru-meru kecil yang membentuk motif meru
  • Garis-garis variatif

Motif lidah api pada batik sawahan pengantin tersusun secara gradiasi dan menjadi puncak motif meru yang dilingkupi motif batik lain. Motif pohon hayat yg dikelilingi motif seoalah menjaga keseimbangan hubungan kosmos secara vertical dan horizontal

Motif selingan pada batik sawat pengantin, motif ini menghiasi bentuk motif meru dan motif lainnya membentuk keseimbangan komposisi. Selain itu, struktur batik sawat pengantin bersifat spesifik. Pola batik utama yang merupakan paduan antara motif pohon hayat yang dikelilingi oleh motif meru seolah membentuk segitiga, menyerupai gunungan pada wayang kulit purwa.

Arti dari batik sawat pengantin adalah memberi gambaran hubungan mikrokoskom (batin madura). Hubungan ini ialah tentang eksistensi lahir, jasmani, dan batin pada manusia. Batik sawat pengantin juga  memberi gambaran tentang hubungan makromosos yg memiliki arti bagaimana memposisikan kedudukan manusia yang hanya merupakan bagian dari alam semesta.

Batik sawat pengantin merupakan ragam dari batik cirebon dimana proses pembuatan batik tulis sawat pengantin ini bisa anda lihat di desa Trusmi, Cirebon. Cara pembuatan batik tulis ini dasarnya sama dengan proses membatik daerah lain, yang membedakan hanya pada pemberian motif batik pada kain tersebut. Perlu anda ketahui juga bahwa banyak orang jepang menyukai batik jenis ini dan biasa mereka gunakan sebagai bahan untuk membuat kimono yaitu pakaian tradisional khas Jepang.


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲