Batik Sasirangan Banjarmasin

sampul sasirangan

Hai – hai kayaner’s kali ini kita akan share tentang kain batik khas Kalimantan Selatan tepatnya di Kota Banjarmasin. Batik ini tidak akan kita temukan di Kalimantan bagian yang lain karna batik ini hanya dibuat di Kalimantan Selatan aja loe.

Tapi sayangnya batik ini kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kebanyakan batik yang udah dikenal masyarakat luas adalah batik yang berasal dari Jawa.

Pada dahulu kala tepatnya zaman kerajaan Banjar, batik sasirangan dianggap sebagai kain adapt. Karna Batik Sasirangan ialah kain adapt Suku Banjar yang merupakan etnoreligius yang menempati sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan. Karna kaum pria mengenakan Batik Sasirangan sebagia penutup kepala (laung) selain itu batik ini juga digunakan sebagai ikat pinggang. Sementara kaum perempuannya memakainya sebagai selendang. Kain ini merupakan bagian dari budaya Kalimantan Selatan.

Selain untuk sehari-hari, batik sasirangan juga sering digunakan dalam berbagai ritual adat di masa lalu. Seiring perkembangan zaman batik Sasirangan lebih mengarah untuk kepertluan fashion. Penggunaanya sendiri lebih kreatif tidak hanya digunakan sebagai kemben tapi dijadikan sebagai bahan untuk membuat pakaian dengan desain yang menarik karna motif Batik Sasiringan saat ini sudah memiliki banyak ragam corak.

Saat ini Pemerintah Kalimantan Selatan telah mewajibkan kepada seluruh PNS Propinsi Kalimantan Selatan untuk memakai Batik Sasirangan pada hari Kamis saat bekerja. Dan mewajibkan juga memakai Batik Sasirangan pada momen-momen tertentu atau pada saat peringatan hari besar nasional. Tujuannya adalah agar masyarakat Kalimantan Selatan khususnya PNS Kalimantan Selatan lebih mencintai produk daerah, dan sekaligus dalam rangka mengenalkan hasil budaya Banjar agar lebih dikenal lagi di luar daerah. Dan terbukti saat ini semakin meningkatnya permintaan Batik Sasirangan yang berasal dari luar daerah Kalimantan Selatan. Bahkan sering sekali orang luar daerah yang berkunjung ke Kalimantan Selatan khususnya ke Kota Banjarmasin membawa oleh-oleh Kain Sasirangan atau Batik Sasirangan untuk dibawa pulang ke daerahnya.

Desain/corak didapat dari teknik-teknik jahitan dan ikatan yang ditentukan oleh beberapa faktor, selain dari komposisi warna dan efek yang timbul antara lain : jenis benang/jenis bahan pengikat. Upaya untuk melindungi budaya Banjar ini, telah diakui oleh pemerintah melalui Dirjen HAKI Departemen Hukum dan HAM RI beberapa motif sasirangan sebagai berikut :

1. Iris Pudak

2. Kambang Raja

3. Bayam Raja

4. Kulit Kurikit

5. Ombak Sinapur Karang

6. Bintang Bahambur

7. Sari Gading

8. Kulit Kayu

9. Naga Balimbur

10. Jajumputan

11. Turun Dayang

12. Kambang Tampuk Manggis

13. Daun Jaruju

14. Kangkung Kaombakan

15. Sisik Tanggiling

16. Kambang Tanjung


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲