Batik Printing, Batik Kelas Menengah Kebawah

Merupakan salah satu jenis batik yang baru muncul. Tidak diketahui kapan mulai dikenal, tapi saat ini batik printing menjadi produksi batik dengan jumlah paling banyak dibandingkan batik cap apalagi batik tulis

 Teknik pembuatannya relatif sama dengan produksi sablon. Dengan menggunakan klise (kassa) untuk mencetak motif batik di atas kain. Proses pewarnaannya sendiri sama dengan proses pembuatan tekstil biasa yaitu dengan menggunakan pasta yang telah dicampur dengan pewarnaan yang diinginkan, lalu diprint sesuai dengan motif yang telah dibuat.

collage printing

Jenis batik ini dapat diproduksi dengan jumlah besar dikarenakan tidak melalui penempelan lilin dan pencelupan  seperti batik pada umumnyan hanya motif yang dibuat adalah motif batik. Oleh sebab itu batik print merupakan salah satu jenis yang fenomenal, untuk kemunculannya dipertanyakan oleh beberapa seniman dan pengerajin. Karna dianggap merusak tatanan dalam seni batik, sehingga mereka lebih suka menyebutnya kain bermotif batik

Secara kasat mata kita dapat membedakan batik print dan batik tulis/cap dengan melihat permukaan di balik kain, kain batik print warnanya tidak meresap ke seluruh serat kain, dan hanya menempel pada permukaan kain, sehingga di balik kain masih terlihat sedikit berwarna putih.

Belakangan muncul perkembangan baru pada batik print, dengan adanya metode print malam. Metode ini dapat dikatakan perpaduan antara sablon dan batik. pada print malam, materi yang di printkan pada kain adalah malam (lilin) dan bukan pasta seperti batik print konvensional. setelah malam menempel, kemudian kain tersebut melalui proses pencelupan seperti pembuatan batik pada umumnya.


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , , , , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲