Batik Lasem, Batik Tiga Negeri

Lasem ialah sebuah kecamatan yang terletak di pantai bagian utara Pulau Jawa, tepatnya sebuah kecamabatik lasemtandi Kabupaten Rembang. Kota ini terkenal dengan sebutan Little Tiongkok, Lasem juga memiliki batik yang mempunyai ciri khas khusus.

Batik lasem ini terkenal karena keunikan dari motif dan coraknya. Pada batik lasem terdapat alkulturasi anatara Jawa dan Cina. Batik ini merupakan batik pesisir dikarenakan secara geografis letaknya berada di pesisir.

Di kota pelabuhan ini, akulturasi antara masyarakat pribumi dan para pedagang yang berasal dari negara-negara asing dengan mudah terjadi. Dikarenakan pedagang China lebih mendominasi Lasem maka pengaruh budaya China bisa kita jumpai di Batik Lasem. Hal ini bisa dilihat dari motif batik lasem seperti motif bambu, bunga seruni, bunga teratai, kelelawar, naga dan burung pheonix.

Selain pencampuran motif dari China, di Lasem ini terdapat motif khas lainnya yaitu motif Latoan dan Batu Pecah/Kricak. Latoan ialah tanaman khas yang banyak terdapat di sekitar pantai yang dapat dimakan sebagai urap. Karena banyak terdapat di Lasem, maka motif ini digunakan sebagai motif batik. Selain latoan, terdapat motif batu pecah.Motif ini mempunyai nilai sejarah. Pada zaman dahulu, tepatnya ketika Gubernur Jenderal Belanda, Daendels membuat jalan dari Anyer sampai dengan Panarukan sepanjang 1000 km, para bupati diminta menyerahkan para pemuda sebagai pekerja paksa mereka. Mereka berfungsi sebagai tenaga kerja pemecah batu, dan pada zaman tersebut terjadi epidemik malaria dan influenza yang menyerang Rembang yang menimbulkan banyak kematian di Rembang dan Lasem. Kesedihan ini ditampilkan dalam bentuk motif batu pecah. Namun, karena bagusnya motif ini maka daerah lain pun meniru motif tersebut.

  lasem bambu Warna khas dari Batik Lasem ini adalah warna merah darah (getih pitik) ayam, hijau botol bir dan  warna biru tua. Selain itu, Batik Lasem ini juga dikenal dengan sebutan Batik Tiga Negeri. Sebutan ini didapatkan dari proses pewarnaan batik. Terdapat tiga kali proses pewarnaan dalam pembuatan Batik Lasem. Proses-proses itu adalah pewarnaan merah, lalu dimasukkan klorotan agar lilinnya hilang, dicampur dengan tanah, lalu dimasukkan kedalam pewarna biru dan yang terakhir adalah warna coklat. Semua proses tersebut dilakukan dalam satu rumah. Secara istilah, Batik Tiga Negeri itu, warna merahnya dari Lasem, biru dari Pekalongan dan Coklat (Soga) berasal dari Solo.

 


Bagikan ke teman :
Order




  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲