Batik Gentongan, Batik Bersejarah

Pulau madura dikenal sebagai pulau penghasil garam, pulau karapan sapi dan yang terbaru adalah pulau yang terkenal dengan jembatan Suramadu yang sangat terkenal. Disamping itu terdapat salah satu tempat lain yang paling banyak di kunjungi adalah sentra Batik Gentongan yang sangat terkenal

Proses batik gentongan ini menghabiskan waktu berbulan-bulan bahkan bisa mencapai satu tahun hanya untuk satu lembar batik gentongan. Motif yang dibuat sangat detail dan rumit. Untuk memperoleh satu warna saja dibutuhkan waktu minimal 6 minggu untuk proses perendaman di dalam gentong khusus. Kemudian batik tersebut di gambar setelah digambar kemudian batik belum jadi tersebut direndam lagi selama 3 – 4 bulan. Sampai saat ini proses pembuatan batik gentongan masih dipertahankan masyarakat Tanjungbumi.

gentongan4 7

         

Harga selembar kain batik gentongan yang halus dapat mencapai hingga 3,5 juta rupiah. Harga tentu saja tergantung dari tingkat kesulitan motif dan lamanya proses pembuatan. Pada saat ini batik gentongan termasuk yang paling banyak diminati para kolektor.

Awalnya para istri penduduk Tanjungbumi membuat batik untuk mengisi waktu luang sambil menunggu suami mereka pulang melaut. Di desa Tanjungbumi setidaknya ada sekitar 900 perajin batik. Remaja di desa ini mahir membuat batik. Anda dapat meluangkan waktu dan memberanikan diri untuk belajar membatik. Penduduk Tanjungbumi akan dengan senang hati dan sabar mengajar Anda dengan menyediakan kain yang sudah tersedia motif bersama canting dan cairan lilinnya. Tidak perlu takut salah karena tersedia kain contoh dan Anda baru akan dialihkan pada kain siap jual setelah cukup mahir membatik.


Bagikan ke teman :
Order




  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲