Batik Bojonegoro

Sebenarnya di kota Bojonegoro ada sebuah batik yang telah lama menggema yaitu batik Jumput dari Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo. Motif batik yang menjadi kebanggaan warga Bojonegoro ini memiliki motif berpa, Motif jagung, sapi, tembakau, minyak (Gotro), wayang tengul, jati dan padi serta kayangan api. Dari kesembilan Motif Batik khas Jonegoro ini akan menjadi Motif awal munculnya motif – motif lain yang nantinya bisa membuat nama Bojonegoro di kenal di negara lain.

Masyarakat Bojonegoro harus mau ikut membudayakan batik Jonegoro dan menggunakannya pada hari Kamis dan Jumat bagi Karyawan Pemkab, untuk Pengusaha bisa menganjurkan para karyawannya mengenakan Batik jonegoro serta bagi siswa sekolah juga bisa diseragamkan dan dikenakan pada setiap hari jum’at, masih banyak peran serta masyarakat untuk ikut membantu melestarikan penggunaan Batik jonegoro ini.

Batik di Bojonegoro sebenarnya tidak hanya satu melainkan 2 yaitu Batik Jumput dan Batik Madrim, untuk nama Batik Madrim hampir setiap orang mengenalnya  karena nama batik ini diambil dari nama seorang Patih dari Raja Angling Darma Kerajaan Malowopati yang petilasannya ada di Desa Wotan Ngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro merupakan sebuah kabupaten yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa. Kekayaan ini menginspirasi Ibu Mafudho Suyoto untuk menjadikannya sebuah motif Batik khas Bojonegoro. Melalui lomba design dan terciptalah 9 motif Batik Jonegoroan.

Di antaranya: Gastro Rinonce (Motif gas bumi dan motif kilang minyak), Jagung Miji Emas (Motif Jagung), Mliwis Mukti (Motif Burung Legendaris Jelmaan Angling Dharma yaitu Mliwis Putih), Parang Dahono Munggal (Motif Wisata Api Abadi atau Kahyangan Api), Parang Jembul Sekar Rinandar (Motif Sapi), Pari Sumilak (Motif Padi), Rancak Thengul (Motif Wayang Thengul, khas Bojonegoro), Sata Gondo Wangi (Motif Tembakau), serta Sekar Jati (Motif Daun Jati).

Sembilan motif batik Jonegoroan di atas merupakan sebuah gambaran dari Potensi Budaya serta kekayaan Alam yang dimiliki oleh kota Bojonegoro.

Itulah asal usul batik Bojonegoro, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.


Bagikan ke teman :
Order




  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲