Batik Besurek Batiknya Bengkulu

batik bengulu

Batik Besurek ialah sebutan bagi batik bengkulu, yang berarti kain yang bermotif tulisan. Menurut sejarah kain Bengkulu merupakan perpaduan motif kaligrafi daerah jambi dan cirebon yang diadaptasi menjadi kain khas bengkulu. Ada beberapa motif dari kain besurek diantaranya ada yang hanya bertuliskan kaligrafi arab saja dan untuk jenis kain ini tidak boleh digunakan sembarangan.

Kemuliaan yang terkandung dalam motif kaligrafi Arab yang umumnya berisi doa, puji-pujian kepada Allah SWT, serta potongan ayat-ayat suci Al-Quran. Kain ini sangat sakral, terutama pada pemakaian kain upacara adat pengantin dan untuk menutupi mayat. Kain jenis ini biasanya berbentuk kerudung wanita calon pengantin yang digunakan untuk upacara ziarah ke makan para leluhur. Upacara ini sangat sakral sehingga penggunaan kain jenis ini tidak boleh sembarangan. Batik Besurek tidak boleh dipakai di tubuh bagian bawah serta tidak boleh diduduki. Batik Besurek bisa dipakai untuk penutup tubuh bagian atas, selendang, dijadikan alas bayi pada acara cukuran rambut, serta dapat juga dipakai sebagai penutup tubuh orang yang sudah meninggal sepanjang jenazah yang sudah bersih. Selain itu, kain besurek ukuran kecil juga digunakan sebagai ikat kepala laki-laki dalam pakaian adat Bengkulu yang disebut detar.

Selain itu terdapat pula batik wallet besurek yang merupakan pengembangan dari batik besurek di provinsi bengkulu, tapi untuk motifnya menyerupai burung wallet karena di Bengkulu Selatan juga merupakan salah satu sentra produksi wallet.

Motif batik bengkulu lain diantaranya motif bunga raflesia, motif relung kuau (motif bergambar burung yang disusun dari rangkaian huruf kaligrafi), motif rembulan (seperti rembulan bulat yg dipadukan dengan motif kaligrafi , motif relung paku (motifnya meliuk-liuk seperti tanaman relung paku yang bisa kita temukan di Bengkulu).

Dalam proses pembuatan Batik Besurek ini sama saja dengan proses pembuatan kain batik di Jawa. Pada mulanya dikerjakan dengan proses batik tulis secara turun-temurun dirumah-rumah pengrajin. Namun dengan seiring berkurangnya pesanan terhadap Batik Basurek, kegiatan membatik sudah jarang dilakukan. Beberapa perajin tradisional sudah mulai terdesak oleh batik cap dan batik printing yang memakai motif Batik Besurek. Karena batik cap atau printing lebih murah dibandingkan dengan batik tulis sehingga lebih banyak yang mampu membelinya.

Batik Basurek banyak dijual di pertokoan Anggut dan Penurunan kota Bengkulu. Tapi, tidak setiap toko menjual Batik Besurek asli atau yang dilukis dengan tangan, sebagian menjual batik printing motif besurek. Selain kain Batik Besurek, disana juga dijual cinderamata khas Bengkulu lainnya.

Peran Pemda setempat yaitu mewajibkan murid–murid sekolah pada hari tertentu untuk berseragam Batik Besurek serta menambahkan kurikulum di sekolah untuk muatan lokal yaitu kerajinan Batik Besurek. Sebenarnya tak hanya itu, dukungan untuk para pengrajin agar terus memproduksi Batik Besurek dengan teknik batik tulis bukan batik cap atau printing, yaitu melalui bantuan dalam bidang permodalan dan pemasaran.

Saat ini, kain batik bermotif kaligrafi Arab kebanyakan dibuat di Bengkulu, Jambi dan Cirebon. Selain terkenal akan Batik Besurek, ternyata bengkulu juga terkenal akan Batik Kaganga.


Bagikan ke teman :
Order


Tags: , , ,


  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲