Bahaya Detergen untuk Batik

Bagi anda penggemar batik, apa anda sudah tahu cara merawat yang benar ? Pernah punya pengalaman saat kita membeli batik dan baru beberapa kali pakai, warnanya sudah pudar dan luntur. Bisa jadi anda salah dalam perawatanya.

Perlakukan kain batik secara istimewa, jangan asal-asalan dalam merawatnya. Perawatan terpenting untuk kain batik ialah bagaimana cara mencucinya, sabun apa yang dipakai dan bagaimana cara pengeringan setelah dicuci.

Untuk kain dan busana batik sangat dianjurkan TIDAK MENGGUNAKAN DETERJEN SAAT MENCUCI . Deterjen tidak cocok untuk kain batik dan kain tradisional lainya. Proses pencucian menggunakn detergen  saat mencuci akan merusak testur kain dan warnanya.

Banyak orang yang menyarankan mencuci batiknya dengan sabun mandi atau sampoo. Penggunaan sabun dan shampoo untuk membersihkan batik memang lebih baik dari pada detergen. Karna sabun terbuat dari lemak nabati atau hewani yang dipanaskan dengan larutan alkali seperti natrium hidroksida atau kalium hidroksida, sedangkan kandungan shampoo pada umumnya bahan pembersih yang berupa sistem surfaktan, kadang ditambah pula dengan sedikit booster busa untuk mengubah sifat busa yang dihasilkan surfaktan.

Sabun dan sampoo dipakai untuk membersihkan kotoran yang berhubungan langsung dengan kulit  manusia. Sedangkan detergen digunakan untuk membersihkan pakaian yang tidak berhubungan langsung dengan tubuh manusia. Sehingga penggunaan sampoo dan sabun pada kain batik lebih lembut dan aman dari pada detergen

Memang kandungan zat dalam bahan sampoo dan sabun lebih baik dan ramah, tidak terlalu merusak kain dari pada penggunaan detergent dalam membersihkan kain batik. Namun sebaik-baiknya bahan tersebut tetap mengandung bahan kimia yang bisa merusak lingkungan dan juga merusak keindahan kain batik.

Ternyata cara tradisional dalam mencuci batik lebih aman, ramah lingkungan, serta tidak merusak kain batik. Beberapa orang masih menggunakan tumbuhan lerak untuk mencuci batiknya. Selain bisa membersihkan kotoran, lerak juga bisa mengawetkan warna kain batik. Kini di pasaran juga tersedia sabun lerak siap pakai.

Sangat disayangkan jika kain atau busana batik rusak karena perawatan yang tidak tepat. Dengan cara yang tepat dalam membersihkan, mengeringkan, menyetrika, dan menyimpan kain atau busana batik anda bisa tahan lama dan awet keindahannya. Kini, anda bisa menganggap kain batik sebagai investasi pribadi. Tak ada salahnya, selain melestarikan kekayaan kain Nusantara, kita juga melestarikan lingkungan sekitar dengan meminimalisir penggunaan detergent.


Bagikan ke teman :
Order




  • Menghadirkan Lebih
    Dari 1000 Motif Tiap Bulannya
    Kayana Batik

    Jl. Rusman No.28 Punten
    Batu Malang
    Telp : 0341-590649

    SMS Center

    085-23334-1122
    (Call/SMS)


    Marketing

    32456571
    0888-05600-636
    (Call Only)
    085-23334-1122
    (Call/SMS)
    085-23334-1122
    (Line Messenger)
    0888-05600-636
    (WhatsApp Messenger)

    Dapatkan Update Via FB



    Layanan Online


    Kayana Batik CS 1

    Kayana Batik CS 2

    Kayana Batik CS 3


  • Kami Di Google Plus


    Suported Payment





    Google Play


    googleplay








New Produk Batik Tulis
Batik Tulis Kereta Kencana
Batik Tulis Sarimbit
Batik Tulis Tanjung Bumi
Batik Tulis Madura
Batik Tulis Sutra


Get Widget
Return to Top ▲Return to Top ▲